Home » » Cara Bikin Daftar Isi Otomatis di Ms Word 10/07

Cara Bikin Daftar Isi Otomatis di Ms Word 10/07



Cara Bikin Daftar Isi Otomatis di Ms Word 10/07

                Sebelumnya, karena kami memakai Ms Office 2010, maka kami akan jelaskan berdasarkan versi tersebut. Kalau ada yang memakai Ms Office 2007 boleh saja karena hampir sama. Kalau ada yang memakai Ms Office 2003 maka tetap ada fasillitasnya akan tetapi letaknya saja yang berbeda dan tentu tidak sama tampilannya.
Langsung saja Langkah pertama, kita buka lembar kerja atau makalah kita yang akan kita beri daftar isi.

Langkah ke kedua, blok kata atau frasa judul yang akan kita tampilkan di Daftar Isi, lalu klik pada toolbar HOME (rumah) kemudian klik  ‘Heading 1’/”Judul 1” (bagi yang sudah berbahasa indonesia)  Atau tulisan (AbBbCc…).
 
Langkah ketiga, kalau ada sub bab maka blok sub bab tersebut terus klik “heading2”/”Judul 2” (bagi yang sudah berbahasa indonesia).
Kalau terjadi seperti  gambar diatas yaitu setelah di klik, nomor sub bab menjadi hilang maka yang kita lakukan adalah memberi nomor sub bab lagi seperti sedia kala dan akan menjadi nomor otomatis .
Begitu juga ketika ada sub bab setelah sub bab lagi maka kita blok  dan kita klik “heading 3”/”Judul 3” (bagi yang sudah berbahasa indonesia). Dan seterusnya.
Ketika terjadi seperti pada gambar yaitu warnanya berubah maka kita klik kanan heading atau judul tadi dan pilih kemudian pilih “modify” maka akan keluar kotak dialog .

kemudian pilih pengaturan warna, font, dan ukurannya lalu tekan OK.
                Setelah langkah-langkah tersebut dilakukan maka yang terakhir adalah menyiapkan tempat untuk daftar isi.
kemudian kursor kita letakkan pada posisi dimana daftar isi mau dimulai, lalu tekan toolbar “references” dan pilih “table of content” pada pojok kiri, maka akan tersedia pilihan menu daftar isi .
                Selanjutnya kita boleh memilih yang Automatic Table 1 atau 2  atau yang  Manual Table. Maka akan tampil daftar isi secara otomatis.
Terus kita tinggal merapikan saja. Ketika nanti kita mau menambah halaman dan nomor halaman menjadi berubah maka kita tidak usah repot-repot meneliti satu persatu dan membetulkan daftar isinya karena kita tinggal meng-klik kanan pada daftar isinya dan pilih “update filed”.
Setelah itu akan muncul kotak dialog untuk memilih halaman itu saja yang di update atau semua halaman.
Maka otomatis akan berubah.
Selamat mencoba……..









0 komentar:

Pondok Tercinta

JALAN DEPAN RAUDLATUL ULUM KENCONG